Minggu, 01 November 2015

Makanan Ibu Hamil Anti Mual dan Muntah

cello-marlieke.blogspot.co.id - Mual dan muntah merupakan salah satu tanda bagi anda yang sedang mengalami hamil muda. Bahkan tidak hanya hamil muda saja, seorang teman saya dari mulai hamil sampai mau lahir masih saja mengalami muntah dan mual. Ya, memang berbeda-beda antara satu orang dengan yang lain. Keadaan ini tentu saja dapat mengganggu ibu hamil dan janin yang dikandungnya jika tidak ada pengganti berbagai makanan yang telah dimuntahkan. Sehingga menyebabkan kurang sehat baik bagi ibu hami atau janin.

Untuk mengatasi hal itu diperlukan asupan nilai gizi yang tepat agar tidak mudah muntah dan mual. Makanan ini juga tidak harus langsung banyak, namun dengan pengaturan sedikit demi sedikit namun tempo yang sering dan teratur. Beberapa makanan juga tidak boleh yang dapat menyebabkan mual atau mudah muntah, atau makanan lain yang memang kurang disuka ibu hamil.

Makanan Ibu Hamil Anti Mual dan Muntah


Untuk lebih jelas berikut ini adalah beberapa makan yang baik untuk mencegah muntah dan mual :


Makan dalam Jumlah Sedikit
Mungkin ada beranggapan bahwa saat hamil, kita harus banyak makan karena kita makan tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk bayi yang ada dalam kandungan kita. Anggapan ini sebenarnya kurang tepat, sebab meskipun hamil kita tidak perlu makan sampai 2 porsi, karena makan dalam porsi yang besar justru akan memicu rasa mual, apalagi pada kehamilan muda. Makanlah dalam porsi yang sedang atau kecil. Untuk memastikan Anda tidak kekurangan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, meski makan dalam jumlah sedikit, Anda bisa makan dengan jeda yang pendek. Misal, Anda sarapan pukul 7, maka pada pukul 10 Anda bisa mengonsumsi camilan sehat seperti buah beberapa potong yang membuat kenyang. Jangan terlalu banyak

Jauhi Makanan Penambah Rasa Mual
Jika Kamu seringkali mengalami mual atau muntah saat diawal kehamilan ini, sebaiknya hindari makanan-makanan yang kemudian akan semakin membuat rasa mual tersebut. Makanan-makanan penambah rasa mual ini seperti halnya makanan berlemak, makanan berminyak, dan makanan pedas. Harus ditahan dan sabar dahulu

Hindari Makanan yang Menyebabkan Kembung
Makanan yang dapat menimbulkan gas (menyebabkan kembung) sebaiknya sejauh mungkin Kamu hindari. Sebab, gas yang ditimbulkan dari berbagai makanan ini akan membuat perut terasa penuh, akibatnya Kamu akan lebih mudah merasa mual. Makanan-makanan ini meliputi durian, nangka, dan makanan-makanan hasil fermentasi seperti tape. Atau sedikit saja jika memang sangat ingin merasakannya.

Konsumsi Buah yang Kaya Vitamin C
Vitamin C yang terkandung dalam buah dapat bermanfaat untuk menetralisir rasa mual yang Kamu rasakan selama masa awal kehamilan. Buah kaya vitamin C ini berbagai macam, seperti jeruk, apel, buah pir, dan sebagainya. Meski vitamin C baik untuk menetralisir rasa mual, tapi jika Kamu memiliki asam lambung yang tinggi sebaiknya tidak memilih buah yang terlalu asam.

Demikian beberapa makanan untuk mengurangi rasa mual dan muntah saat anda hamil. Dan anda dapat menambahkan yang lain sesuai dengan apa yang mungkin anda rasakan, sehingga akan dapat membuat anda lebih tahan dari rasa mual dan muntah. Tidak lupa juga untuk melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan pada beberapa bulan pertama, dan jika sanggup dapat juga melakukan pemeriksaan setuiap bulan untuk mengetahui perkembangan janin dalam kandungan anda. Dengan begitu anda jgua akan lebih merasa tenang dan kesehatan dapat anda dapatkan. Lihat juga tentang kehamilan : widjiume.com

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus